RPP IPS KELAS IV SD (Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan Kabupaten atau Kota dan Propinsi)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/1
Pertemuan Ke- : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2x 35 Menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di lingkungan Kabupaten
atau Kota dan Propinsi.
Kompetensi Dasar : Menunjukkan jenis dan persebaran Sumber Daya
Alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan
ekonomi di lingkungan setempat.
Indikator : 1. Menyebutkan jenis-jenis Sumber Daya Alam di
lingkungan setempat.
2. Menyebutkan daerah penghasil dan manfaat
jenis-jenis Sumber Daya Alam.
3. Menganalisis hubungan antara keberadaan Sumber
Daya Alam dengan keadaan ekonomi masyarakat
disekitarnya.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis Sumber Daya Alam di lingkungan setempat.
2. Siswa dapat menyebutkan daerah penghasil dan manfaat jenis-jenis Sumber Daya Alam.
3. Siswa dapat mengetahui hubungan antara keberadaan Sumber Daya Alam
dengan keadaan ekonomi masyarakat disekitarnya.
II. Materi Pokok
Sumber Daya Alam
III. Metode Pembelajaran
Cooperative Learning dengan Numbered Head Together
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
v Kegiatan Awal
· Salam pembuka
· Do’a
· Presensi
· Apersepsi:
· Guru mengenalkan kembali daerah sekitar tempat tinggal yaitu Kabupaten dan Propinsi.
· Siswa menyebutkan kekayaan alam yang diketahuinya.
· Guru menunjukkan contoh gambar kekayaan alam melalui presentasi powerpoint dengan layar LCD.
v Kegiatan Inti
· Guru memberikan gambaran materi yang akan dibahas.
· Guru memberikan beberapa penjelasan tentang SDA (Macam, Jenis, Manfaat, Daerah persebaran & kaitannya dengan kegiatan ekonomi).
· Siswa bermain tebak gambar melalui powerpoint (Macam-macam SDA) dan dijodohkan dengan tempat penghasilnya (Kabupaten Blitar).
· Siswa dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa.
· Setiap kelompok mempunyai nama yang berbeda dengan kelompok lain, misalnya : kelompok A, B, C, dan D.
· Setiap siswa dalam kelompok tersebut mendapat nomor 1 sampai 4, demikian juga dengan kelompok lain.
· Guru menyiapkan pertanyaan berdasarkan nomor siswa yaitu pertanyaan yang bernomor 1 sampai 4.
· Siswa diberi pertanyaan oleh guru, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan nomor yang ditunjuk guru.
· Siswa yang lain memperhatikan dan boleh memberi tanggapan atas jawaban yang telah diajukan.
· Demikian dilakukan seterusnya.
· Guru memberikan tugas sebagai bahan diskusi untuk masing-masing kelompok.
· Setiap siswa mengerjakannya dengan berdiskusi dengan teman satu kelompok.
· Anggota kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan seluruh anggota kelompok bisa mengerjakannya.
· Guru memanggil salah satu nomor siswa secara bergiliran.
· Siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan jawabannya melalui presentasi powerpoint (hasil diskusi kelompok mereka).
v Kegiatan Akhir
· Refleksi
· Pemberian tugas rumah ( mencari di internet contoh-contoh jenis Sumber Daya Alam yang mulai punah beserta penyebabnya ) sebagai bahan pengayaan. Dan mengirimkan hasil kerjanya melalui e-mail kepada guru.
· Do’a
· Salam penutup
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
v Peta Kabupaten Blitar
v Gambar-gambar Sumber Daya Alam di Kabupaten Blitar
v Kartu-kartu pertanyaan
VI. Penilaian
v Penilaian proses ( format terlampir )
v Penilaian hasil belajar ( format terlampir )
v Penilaian hasil karya ( format terlampir )
VII. Lampiran-Lampiran
v Lampiran I Rangkuman Materi
v Lampiran II Soal Tanya Jawab
v Lampiran III Format Penilaian
v Lampiran IV Saran dan Kritik
SUMBER : SAHAKA.MUTIPLY.COM Sumber https://www.sekolahdasar.net/
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/1
Pertemuan Ke- : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2x 35 Menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di lingkungan Kabupaten
atau Kota dan Propinsi.
Kompetensi Dasar : Menunjukkan jenis dan persebaran Sumber Daya
Alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan
ekonomi di lingkungan setempat.
Indikator : 1. Menyebutkan jenis-jenis Sumber Daya Alam di
lingkungan setempat.
2. Menyebutkan daerah penghasil dan manfaat
jenis-jenis Sumber Daya Alam.
3. Menganalisis hubungan antara keberadaan Sumber
Daya Alam dengan keadaan ekonomi masyarakat
disekitarnya.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis Sumber Daya Alam di lingkungan setempat.
2. Siswa dapat menyebutkan daerah penghasil dan manfaat jenis-jenis Sumber Daya Alam.
3. Siswa dapat mengetahui hubungan antara keberadaan Sumber Daya Alam
dengan keadaan ekonomi masyarakat disekitarnya.
II. Materi Pokok
Sumber Daya Alam
III. Metode Pembelajaran
Cooperative Learning dengan Numbered Head Together
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
v Kegiatan Awal
· Salam pembuka
· Do’a
· Presensi
· Apersepsi:
· Guru mengenalkan kembali daerah sekitar tempat tinggal yaitu Kabupaten dan Propinsi.
· Siswa menyebutkan kekayaan alam yang diketahuinya.
· Guru menunjukkan contoh gambar kekayaan alam melalui presentasi powerpoint dengan layar LCD.
v Kegiatan Inti
· Guru memberikan gambaran materi yang akan dibahas.
· Guru memberikan beberapa penjelasan tentang SDA (Macam, Jenis, Manfaat, Daerah persebaran & kaitannya dengan kegiatan ekonomi).
· Siswa bermain tebak gambar melalui powerpoint (Macam-macam SDA) dan dijodohkan dengan tempat penghasilnya (Kabupaten Blitar).
· Siswa dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa.
· Setiap kelompok mempunyai nama yang berbeda dengan kelompok lain, misalnya : kelompok A, B, C, dan D.
· Setiap siswa dalam kelompok tersebut mendapat nomor 1 sampai 4, demikian juga dengan kelompok lain.
· Guru menyiapkan pertanyaan berdasarkan nomor siswa yaitu pertanyaan yang bernomor 1 sampai 4.
· Siswa diberi pertanyaan oleh guru, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan nomor yang ditunjuk guru.
· Siswa yang lain memperhatikan dan boleh memberi tanggapan atas jawaban yang telah diajukan.
· Demikian dilakukan seterusnya.
· Guru memberikan tugas sebagai bahan diskusi untuk masing-masing kelompok.
· Setiap siswa mengerjakannya dengan berdiskusi dengan teman satu kelompok.
· Anggota kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan seluruh anggota kelompok bisa mengerjakannya.
· Guru memanggil salah satu nomor siswa secara bergiliran.
· Siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan jawabannya melalui presentasi powerpoint (hasil diskusi kelompok mereka).
v Kegiatan Akhir
· Refleksi
· Pemberian tugas rumah ( mencari di internet contoh-contoh jenis Sumber Daya Alam yang mulai punah beserta penyebabnya ) sebagai bahan pengayaan. Dan mengirimkan hasil kerjanya melalui e-mail kepada guru.
· Do’a
· Salam penutup
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
v Peta Kabupaten Blitar
v Gambar-gambar Sumber Daya Alam di Kabupaten Blitar
v Kartu-kartu pertanyaan
VI. Penilaian
v Penilaian proses ( format terlampir )
v Penilaian hasil belajar ( format terlampir )
v Penilaian hasil karya ( format terlampir )
VII. Lampiran-Lampiran
v Lampiran I Rangkuman Materi
v Lampiran II Soal Tanya Jawab
v Lampiran III Format Penilaian
v Lampiran IV Saran dan Kritik
SUMBER : SAHAKA.MUTIPLY.COM Sumber https://www.sekolahdasar.net/
Belum ada Komentar untuk "RPP IPS KELAS IV SD (Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan Kabupaten atau Kota dan Propinsi)"
Posting Komentar