Contoh Makalah Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi | TEORI PENDIDIKAN


BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar Belakang Masalah
Dewasa ini pemerintah menghadapi berbagai kendala dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Ketidakmerataan mutu guru di sekolah menjadi alasan utama pemerintah untuk selalu memperhatikan peningkatan kualitas sumber tenaga kependidikan. Hai ini ditempuh karena keberhasilan mutu pendidikan sangat tergantung dan keberhasilan proses belajar-mengajar yang merupakan sinergi dari komponen-komponen pendidikan baik kurikulum tenaga pendidikan , sarana prasarana , sistem pengelolaan , maupun berupa faktor lingkungan alamiah dan lingkungan sosial , dengan peserta didik sebagai subjeknya.
Proses belajar mengajar sebagai sistem dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu diantaranya adalan guru yang merupakan pelaksana utama pendidikan di lapangan. Kualitas guru baik kualitas akademik maupun non akademik juga ikut mempengaruhi kualitas pembelajaran.
Faktor lainnya yang tak kalah pentingnya dalam menentukan keberhasilan kegiatan belajar-mengajar adalah sumber belajar. Dalam rangka mengupayakan peningkatan kualitas program pembelajaran perlu dilandasi dengan pandangan sistematik terhadap kegiatan belajar-mengajar , yang juga harus didukung dengan upaya pendayagunaan sumber beiajar di antaranya internet. Ini di satu pihak , sedangkan di pihak lain kenyataan menunjukkan bahwa sumber belajar dan sarana pembelajaran yang telah dibakukan , diadakan dan didistribusikan oleh pemerintah belum didayagunakan secara optimal oleh guru , pelatih dan instruktur.
Untuk mewujudkan kualitas pembelajaran , perlu ditempuh upaya-upaya yang bersifat komprehensif terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Namun demikian , berdasarkan isu yang berkembang dalam pendidikan , pembelajaran pada sekolah dasar belum berjalan secara efektif , bahkan banyak guru yang mengajar tanpa rnernanfaatkan sumber belajar. Mereka mengajar secara rutin apa adanya sehingga pembelajaran berkesan teacher centris.
Berkait dengan perkembangan teknotogi jaringan komputer yang ada sekarang mi , siswa SD pun dapat belajar dengan menggunakan jaringan internet sebagai sumber belajar , tentu saja dengan bimbingan guru atau pendampingan orang tua. Namun ironisnya banyak guru yang belum mengenal internet padahal siswa sudah banyak yang terbiasa menjelajahi dunia maya tersebut.
Terkait dengan masalah tersebut , sudah seharusnya guru zaman sekarang ini mulai memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Dengan pembelajaran seperti ini diharapkan pengetahuan guru maupun siswa akan berkembang. Selain itu guru maupun siswa juga akan terbiasa mengoperasikan perangkat komputer tersebut sehingga tidak ada lagi istilah guru gaptek (Gagap Teknologi) maupun siswa gaptek
Kaitannya dengan internet sebagai sumber belajar , pada makalah ini akan dibicarakan pengertian internet spesifikasi peralatan internet , pengertian sumber belajar , dan metode pembelajaran melalui internet.

1.2  Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini selain untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dastek Informatika dan Komunikasi penulis juga mempunyai tujuan yaitu untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis internet pada siswa Sekolah Dasar.



BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Pengertian Internet
Di era globalisasi , negara-negara di berbagai belahan dunia sudah tidak ada lagi batas dalam memperoleh informasi. Dalam waktu yang sama di tempat berbeda dengan jarak yang jauh sekalipun orang saling bertukar informasi dan berkomunikasi. Kemajuan teknologi informasi ini tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis , akan tetapi dunia pendidikan juga ikut merasakan manfaatnya. Perkembangan teknologi informasi lebih terasa manfaatnya dengan hadirya jaringan internet yang memanfaatkan satelit sebagai media transformasi. Hadirnya internet sebagai sumber informasi ini sangat memungkinkan seseorang untuk mencari dan menyebarkan segala ilmu pengetahuan dan teknotogi termasuk penemuan penelitian ke seluruh dunia dengan mudah , cepat dan murah , sehingga pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat lebih cepat dan merata. Dengan demikian segala informasi yang ada di internet dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
Pengertian internet itu sendiri adalah jaringan (Network) komputer terbesar di dunia. Jaringan berarti kelompok komputer yang dihubungkan bersama , sehingga dapat berbagi pakai informasi dan sumber daya (Shirky , 1995:2). Daam internet terkandung sejumlah standar untuk melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya , sehingga jaringan-jaringan di seluruh dunia dapat berkomunikasi.
Sidharta (1996) memberikan definisi yang sangat luas terhadap pengertian internet. Internet adalah forum global pertama dan perpustakaan global pertama dimana setiap pemakai dapat berpartisipasi dalam segala waktu. Karena internet merupakan perpustakaan global , maka pemakai dapat memanfaatkannya sebagai sumber beiajar.
Secara umum dapat dikatakan bahwa internet adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan saling hubungan antar jaringan-jaringan komputer yang sedemikian rupa sehingga memungkinkan komputer-komputer itu berkomunikasi satu sama lain.

2.2  Spesifikasi Peralatan Internet
Agar kita dapat mengoperasikan internet dengan baik , maka dibutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai. Perangkat keras adalah komponen-komponen fisik yang membentuk suatu sistem komputer serta peralatan-peralatan lain yang mendukung komputer untuk melakukan tugasnya. Perangkat keras tersebut berupa:
1)        satu unit komputer ,
2)        modem ,
3)        jaringan telepon ,
4)        adanya sambungan dengan ISP (Internet Service Provider).
Sedangkan perangkat lunak adalah program-program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak ini kita pilih sesuai dengan:
(1)      kemampuan perangkat keras yang kita miliki ,
(2)      kelengkapan layanan yang diberikan ,
(3)      kemudahan dan perangkat itu untuk kita operasikan dalam (User Friendly).

2.3  Manfaat dan Kelebihan Internet
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal , yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list) , Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut , maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas , yaitu
a.       sebagai media interpersonal dan massa;
b.      bersifat interaktif ,
c.       memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi internet menunjang pelaiar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk , "nyantri , "usrah" dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail , mailing list dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan "usrah" , dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelaiar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata memadi cara pernbelajaran yang efektif seperti pada metoda "usrah".
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi:
·         Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;
·         Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap ,
·         Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat ,
·         Daya tampung meningkat ,
·         Adanya standarisasi pembelajaran ,
·         Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.
Berdasarkan uraian di atas , dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan , Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan , hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi rnenjadi online conference. Metoda "nyantri" dan "usrah" mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
Seiain sebagai media komunikasi , internet juga sering digunakan sebagai media pendidikan , khususnya mahasiswa yang browsing atau mencari intormasi tantang pengetahuan umum. Namun itu tidak meminimalisir kemungkinan pelajar setingkat SMA , SMP bahkan Sekolah Dasar (SD) sekalipun menggunakannya sebagai media pendidikan dan pembefajaran.
Itulah salah satu fungsi internet , bila kita bijak dalam menggunakannya maka kita pun akan mendapatkan manfaatnya. Karena browsing di dunia maya banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Mulailah budayakan teknologi internet mulai dari sekolah dan mulailah belajar mengerti bagaimana menggunakan internet yang baik dan sesuai ketentuan yang berlaku. Karena tak jarang pulbanyak para pengguna internet menggunakannya untuk kegiatan yang kurang baik.
Selain itu manfaat internet adalah virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi internet. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable , yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa , berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 40-50 orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja , darimana saja. Penyedia layanan Virtual University ini adalah www.ibuteledukasi.com.
Bagi Indonesia , manfaat-manfaat yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan. Untuk merangkumkan manfaat internet bagi bidang pendidikan di Indonesia:
  • Akses ke perpustakaan;
  • Akses ke pakar;
  • Melaksanakan kegiatan kuliah secara online;
  • Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan;
  • Menyediakan fasilitas mesin pencari data;
  • Meyediakan fasilitas diskusi;
  • Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah;
  • Menyediakan fasilitas kerjasama; dan lain-lain.

2.4  Pengertian Sumber Belajar
Dalam kawasan teknologi instruksional , sumber belajar pada dasarnya merupakan komponen teknologi instruksional , yang disebut dengan istilah "Komponen Sistem Instruksional". Teknologi instruksional adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang , prosedur , ide , peralatan , dan organisasi untuk menganalisis masalah , mencari cara pemecahan , melaksanakan , mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah-masalah dalam situasi dimana kegiatan belajar-mengajar itu mempunyai tujuan dan terkontrol. Dalam teknologi instruksional , pemecahan masalah itu berupa komponen sistem instruksional yang telah disusun terlebih dahulu dalam proses desain atau pemilihan dan pemanfaatan , dan disatukan ke dalam sistem instruksional yang lengkap , untuk mewujudkan proses belajar yang terkontrol dan berarah tujuan , yang komponennya meliputi pesan , orang , bahan , peralatan , teknik dan latar (Setijadi , 1986:3).
Mudhofir (1992:13) menyatakan bahwa yang termasuk sumber belajar adalah berbagai informasi , data-data ilmu pengetahuan , gagasan-gagasan manusia , baik dalam bentuk bahan-bahan tercetak (misalnya buku , brosur , pamlet majalah , dan lain-lain) maupun dalam bentuk non cetak (misalnya film , filmstrip , kaset , videocassette , dan lain-lain).
AECT menguraikan bahwa sumber belajar meliputi: pesan , orang , bahan , alat , teknik dan lingkungan. Komponen-komponen sumber belajar yang digunakan di dalam kegiatan belajar mengajar dapat dibedakan dengan dengan cara yaitu dilihat dari keberadaan sumber belajar yang direncanakan dan dimanfaatkan.
Sumber belajar yang sengaja direncanakan (by design) yaitu semua sumber belajar yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal. Sumber beiajar karena dimanfaatkan (by utilization) yaitu sumber belajar yang tidak secara khusus didesain untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan , diaplikasi , dan digunakan untuk keperluan belajar (Setijadi , 1986:9).
Berdasarkan konsep-konsep di atas , sumber belajar pada dasamya merupakan komponen sistem instruksional yang meliputi pesan , orang , bahan , peralatan , teknik dan latar (lingkungan). Dalam makalah ini titik berat sumber belajar yang dikaji adalah internet. Sedang orang , bahan , peralatan dan teknik merupakan sumber belajar pendukung.

2.5  Metode Pembelajaran Melalui Internet
Pembelajaran berbasis internet bagi siswa sekolah dasar sudah seharusnya mulai dikenalkan. Untuk itu para guru hendaknya sudah tahu lebih dahulu tentang dunia internet sebelum menerapkan pembelajaran tersebut pada siswa. Persiapan yang tak kalah pentingnya yaitu sarana komputer. Tentu saja dalam hal ini hanya dapat diterapkan di sekolah-sekolah yang mempunyai fasilitas komputer yang memadai. Walaupun sebenarnya dapat juga diusahakan oleh sekolah yang tidak mempunyai fasilitas komputer misalnya dengan mendatangi warnet sebagai patner dalam pembelajaran tersebut.
Setelah semua perangkat untuk pembelajaran siap , guru mulai melakukan pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar internet. Bagi siswa sekolah dasar tentu saja akses-akses yang ringan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkan. Disinilah kepiawaian seorang guru ditampilkan dalam mendampingi , membimbing dan mengolah metode pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai.
Beberapa metode yang dapat dilakukan oleh guru , diantaranya; diskusi , demonstrasi , problem solving , inkuiri , dan descoveri. Guru memberikan topik tertentu pada siswa , kemudian siswa mencari hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut dengan mencari (down load) dari internet. Guru juga dapat memberikan tugas-tugas ringan yang mengharuskan siswa mengakses dari internet , suatu misal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa dapat mencari karya puisi atau cerpen dari internet. Siswa juga dapat belajar dari internet tentang hal-hal yang up to date yang berkaitan dengan pengetahuan. Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari suatu peristiwa muthakir dari internet kemudian mendiskusikannya di kelas , lalu siswa menyusun laporan dari hasil diskusi tersebut.
Metode-metode tersebut dapat dilakukan guru dengan model-model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa semakin senang , tertarik untuk mempelajarinya sehingga proses pembelajaran tersebut menjadi pembelajaran yang berrnakna. Dengan pembelajaran berbasis internet diharapkan siswa akan terbiasa berpikir kritis dan mendorong siswa untuk menjadi pembelajar otodidak. Siswa juga akan terbiasa mencari berbagai informasi dari berbagai sumber untuk belajar. Pembelajaran ini juga mendidik siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain dalam kelompok kecil maupun tim. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan pembelajaran berbasis internet pengetahuan dan wawasan siswa berkembang , mampu meningkatkan hasil belajar siswa , dengan demikian mutu pendidikan juga akan meningkat.


BAB III
PENUTUP


3.1  Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran internet dapat diterapkan di sekolah dasar dengan beberapa metode pembelajaran (diskusi , inkuiri , deskoveri , dan problem solving) serta menggunakan model pembelajaran yang dikemas sederhana , menarik , dan menyenangkan siswa , sehingga pembelajarannya lebih bermakna.
Dengan pembelajaran berbasis internet mendidik siswa untuk berpikir kritis , menambah wawasan dan pengetahuan siswa , mendidik siswa untuk belajar otodidak , dan meningkatkan hasil beiajar siswa sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan.

3.2  Saran
Para pendidik dan pihak-pihak yang terkait hendaknya mulai menyiapkan dan memperkenalkan pembelajaran berbasis internet ini kepada siswa SD , agar para siswa siap menghadapi tantangan zaman dan dapat menerima perkembangan teknotogi informasi dan komunikasi dengan cepat.


DAFTAR PUSTAKA


Mudhofir. 1992. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setijadi. 1986. Definisi Teknologi Pendidikan (Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT). Jakarta: Rajawafi.
Sidharta , L. 1996. Internet: Informasi Bebas Hambatan. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT , karena berkat rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah Dasar Teknologi Informatika dan komunikasi dengan judul “Pembelajaran Berbasis Internet Untuk Siswa Sekolah Dasar”.
Dalam penyusunan makalah ini penulis mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak , oleh sebab itu penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen Dastek Informatika dan Komunikasi serta seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Dengan segala kerendahan hati dan penuh harapan semoga makalah ini bermanfaat. Penulis menyadari di dalam makalah ini masih banyak kekurangan , sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan makalah ini.




Penulis

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi | TEORI PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel